Tuesday, January 15, 2019

Pengertian Dan Fungsi FTP

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network
yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.

Pengertian FTP

FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
• Untuk tujuan sharing data
• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

Fungsi FTP

Dengan menggunakan FTP, klien dapat mengunggah, mengunduh, menghapus, mengganti nama, memindahkan, dan menyalin file di server. Seorang pengguna biasanya perlu masuk ke server FTP, meskipun beberapa server membuat beberapa atau semua konten mereka tersedia tanpa login, yang juga dikenal sebagai FTP anonim.

FTP memungkinkan kita untuk mengakses server dan mengelola file dengan menggunakan server yang disebut dengan FTP Client. Software tersebut menghubungkan server web hosting dengan komputer dan menyampaikan perintah yang dibuat dalam mengelola file di server.

Sesi FTP berfungsi dalam mode pasif atau aktif. Dalam mode aktif, setelah klien memulai sesi melalui permintaan saluran perintah, server memulai koneksi data kembali ke klien dan mulai mentransfer data. Dalam mode pasif, server malah menggunakan saluran perintah untuk mengirim klien informasi yang dibutuhkan untuk membuka saluran data. Karena mode pasif memiliki klien memulai semua koneksi, ia bekerja dengan baik di firewall dan gateway Network Address Translation (NAT).

Jadi Fungsi FTP yaitu memberikan akses klien ke server file melalui File Transfer Protocol (FTP). Fungsi FTP digunakan untuk membuka, masuk dan menutup koneksi, serta mengunggah, mengunduh, mengganti nama, menghapus, dan mendapatkan informasi tentang file dari server file.

No comments:

Post a Comment

Gunakan komentar dengan bijak